Sambut Implementasi Kurikulum MBKM, Prodi Tadris Biologi Sukses Laksanakan Workshop Kurikulum

Perubahan dan perkembangan kurikulum saat ini yaitu kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah mulai diimplementasikan di berbagai tingkat Lembaga Pendidikan termasuk UIN Antasari Banjarmasin. Maka Prodi Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari Banjarmasin pun juga mengikuti perkembangan tersebut dengan mengadakan Workshop Kurikulum MBKM pada hari Selasa 7 Juni 2022 dengan tema “Implementasi kurikulum MBKM pada pembelajaran Biologi” dengan menghadirkan nara sumber luar yaitu Koordinator Prodi Pendidikan Biologi FKIP ULM yaitu Ibu Dra. Hj. Sri Amintarti. Pada sesi sambutan pertama Ketua Prodi tadris Biologi Khairunnisa, S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa tujuan Pendidikan nasional yang termaktub dalam UU No. 20 tahun 2003 adalah membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa. Dalam usaha mencapai tujuan mulia tersebut aka nada banyak pihak dan faktor untuk mencapainya, termasuk di dalamnya kurikulum. Sebagai tools dalam Pendidikan maka kurikulum menjadi wajar beradaptasi sesuai kebutuhan seperti kurikulum MBKM ini. Karena itu Prodi tadris Biologi yang memiliki Visi Prodi “Menjadi Prodi yang unggul dan berakhlak” berusaha untuk ikut mengambil peran tersebut dengan melaksanakan workshop kurikulum MBKM ini.

Selanjutnya Kegiatan workshop yang bertempat di aula FTK ini kemudian dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 bidang Akademik dan Kelembagaan yaitu Bapak Dr. Ahmad Muradi, M.Ag. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi dan dukungan atas kegiatan yang dilaksanakan Prodi tadris Biologi ini sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan untuk meningkatkan mutu pembelajaran Biologi terhadap perkembangan dan tuntutan zaman. Workshop Kurikulum Prodi ini disampaikan sebagai bentuk rangkaian workshop kurikulum MBKM yang juga telah dilaksanakan seelumnya di tingkat yg lebih tinggi yaitu tingkat Universitas dan Fakultas.

WhatsApp Image 2022-06-16 at 12.42.11 PM (2)

Kegiatan workshop ini berlangsung dari mulai pukul 08.30 sd 16.00 Wita dan berlangsung cukup antusias dan padat ilmu karena dihadiri oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan pembaharuan kurikulum ini, selain juga karena pemaparan materi dari nara sumber yang memberikan banyak pencerahan tentang bagaiamana pelaksanaan secara teknis kurikulum MBKM pada Prodi pendidikan biologi. Pihak yang hadir seperti perwakilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi MA Kemenag Kota Banjarmasin, dari asosiasi yaitu Himpunan Peneliti dan Pendidik Biologi (HPPBI) Kalsel, Guru-guru Biologi MA/SMA, mahasiswa, alumni serta pihak internal dari UPM FTK UIN Antasari. Kegiatan workshop yang telah terlaksana dengan sukses ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk pembaharuan kurikulum Prodi tadris Biologi yang sedang digarap/disiapkan ke depannya bisa menjadi lebih baik.

Share this: