Panen Hasil Hidroponik Tadris Biologi Pada Pelaksanaan Pelatihan Bio-Entreprenuer

hasil hidroponik tadris biologi pada pelaksanaan pelatihan bio-entreprenuer

Tepat satu bulan setelah pelaksanaan pelatihan Bio-Entreprenurship dengan mengusung tema “Pelatihan Bertanam Hidroponik untuk Pengembangan Enterepreunur Mahasiswa Tadris Biologi UIN Antasari Banjarmasin” pada hari Selasa, 22 Maret 2022, Prodi Tadris Biologi kembali melanjutkan kegiatan pasca pelatihan yaitu panen hasil bertanam Hidroponik pada Jum’at, 22 April 2022.

Hal ini merupakan Penen pertama hasil bertanam hidroponik yang telah dijalankan. Pada kegiatan panen pertama ini dihadiri oleh ibu Khairunnisa, M.Pd selaku Ketua Program Studi Tadris Biologi, ibu Ita, S.Pd., M.Pd (Sekretaris Program studi Tadris Biologi), beberapa Dosen-dosen Tadris Biologi dan Mahasiswa Tadris Biologi.

Tanaman hasil hidroponik yang dipanen pada kegiatan ini adalah berupa Pokcoy, Selada, dan kangkung.

WhatsApp Image 2022-05-24 at 11.45.59 AM
WhatsApp Image 2022-05-24 at 11.46.00 AM

Selama proses pelatihan bio-Entrepreunur hidroponik ini, perawatan dan penambahan nutrisi tanaman dilakukan langsung oleh tim kader (Mahasiswa Tadris Biologi) sekaligus praktik dalam implementasi ilmu yang sudah di dapat pada kegiatan materi pelatihan.

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh tim kader dalam perawatan yaitu cek kondisi Air dan Bak penampungan, cek kondisi larutan Nutrisi, membersihkan wadah media tanama, menjaga sanitasi lingkungan, cek kondisi tanaman dan media tanaman secara berkala.

Hasil panen pertama ini kemudian dibagikan kepada Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, kepada para dosen-dosen sains Fakultas Tarbiyah dan kepada Mahasiswa pengurus rumah kaca yang mana juga sebagai kader hidroponik.

Ibu Khairunnisa, M.Pd berpesan kepada tim kader hidroponik untuk melanjutkan lagi kegiatan ini hingga menghasilkan kader-kader baru dalam mendukung Bio-Entrepreunurship.