Kuliah Tamu Program Studi Tadris Biologi : Sistem Gerak, Sistem Penceranaan, & Sistem Sirkulasi pada makhluk hidup

Kuliah Tamu Program Studi Tadris Biologi : Sistem Gerak, Sistem Penceranaan, & Sistem Sirkulasi pada makhluk hidup

Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan tentang mata kuliah yang sedang dipelajari oleh mahasiswa adalah dengan melakukan Kuliah Tamu dengan mengundang pemateri kuliah umum dari tenaga professional yang dipandang memiliki kepakaran pada bidangnya, baik dari kalangan akademisi maupun kalangan praktisi yang dipandang memiliki pengalaman. Tidak terkecuali pengetahuan tentang materi Biologi Umum. Menindaklanjuti kebutuhan yang ada, Prodi Tadris Biologi kembali mengadakan kegiatan kuliah tamu yang kedua kalinya untuk Semester Genap 2021/2022 ini pada hari Selasa, 19 April 2022 pada pukul 08.30-10.10 WITA secara daring melalui google meet. Kali ini, mata kuliah yang menghadirkan dosen tamu ialah Biologi Umum setelah sebelumnya kuliah tamu juga diselenggarakan pada mata kuliah Zoologi Vertebrata. Kuliah tamu pada mata kuliah Biologi Umum dilaksanakan guna memaksimalkan pemahaman mahasiswa sebagai calon pendidik dalam hal penguasaan materi ajar. Sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan tambahan pengetahuan tentang dari sisi dosen pengampu saja, namun mendapatkan sharing pengalaman terkait materi biologi umum (sistem gerak, sistem pencernaan dan sistem sirkulasi).

Program Studi Tadris Biologi merupakan salah satu prodi di FTK UIN Antasari Banjarmasin yang mentargetkan lulusannya menjadi seorang pendidik yang baik secara komplit. Artinya, bukan hanya kemampuan dalam kemampuan mengajar saja, melainkan berkualitas dalam hal penguasaan materi. Kuliah ini diselenggarakan dengan latar belakang tersebut sehingga memutuskan mengundang pakar dari dosen IAIN Palangkaraya sebagai salah satu mitra kerjasama Prodi Tadris Biologi untuk menyampaikan teori terkait. Narasumber adalah ibu Ayatusa’adah, M.Pd. yang merupakan salah satu dosen pada Prodi Tadris Biologi FTIK IAIN Palangkaraya.

Peserta merupakan seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Biologi Umum yang saat ini berada pada semester II. Keseluruhan mahasiswa yang hadir terlihat dapat mengikuti dengan seksama dan aktif dalam tanya jawab terkait materi yang dikaji pada pertemuan tersebut.

Kegiatan kuliah tamu memang selalu memberikan motivasi yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan sendiri oleh dosen pengampu. Motivasi yang positif ini memberikan kesan lebih pada mahasiswa sebagai tambahan bekal yang dapat digunakan ketika terjun untuk memulai pelatihan mengajar atau sudah menjadi pendidik sesungguhnya di masa yang akan datang. Manfaat lain dari sharing pengalaman pada kuliah tamu adalah sebagai bentuk pengenalan Prodi Tadris Biologi pada narasumber. Sehingga dapat membangun silaturahim dan kerjasama lebih lanjut.

Kegiatan menghadirkan dosen tamu pada perkuliahan Biologi Umum merupakan model kegiatan untuk memupuk motivasi dan percaya diri mahasiswa calon guru biologi untuk menjadi guru biologi. Pendalaman materi diharapkan mampu meningkatkan penguasaan pemahaman mahasiswa terhadap beberapa materi Biologi Umum sebagai modal menjadik pendidik/ guru biologi di masa yang akan datang tutur Ita, SPd., M.Pd. (Dosen Pengampu MK Biologi Umum FTK UIN Antasari Banjarmasin).