Pelatihan Budidaya Hidroponik Program Studi Tadris Biologi FTK UIN Antasari Banjarmasin

Pelatihan Budidaya Hidroponik Program Studi Tadris Biologi FTK UIN Antasari Banjarmasin

Pelatihan Bio-Entrepreneurship pada hari Selasa, 22 Maret 2022 Pukul 08.30 s.d 12.00 WITA  dilaksanakan melalui Kolaborasi Program Studi Tadris Biologi dan HMJ Tadris Biologi dengan mengusung Tema: “Pelatihan Bertanam Hidroponik untuk Pengembangan Entrepreneur Mahasiswa Tadris Biologi UIN Antasari Banjarmasin”

Adapun kegiatan ini dilangsungkan dengan tujuan melatih jiwa entrepreneur mahasiswa dalam mencari peluang usaha dibidang biologi, yaitu berkebun hidroponik. Target sasaran kegiatan pelatihan ini adalah seluruh peserta HMJ dan mahasiswa perwakilan beberapa kelas. Follow up dari pelatihan ini yaitu akan dilakukan pengkaderan di HMJ bagi pengelola usaha hidroponik. Tujuannya kedepan nanti mereka akan menjadi kader yang membantu teman-teman sebaya dalam praktik membibit hidroponik di Green House (rumah kaca) tadris biologi.

Kegiatan ini di isi oleh 2 orang Narasumber hebat yaitu Bapak Agus Febry Lampe, S.T Owner dari Hidroponik Banjarmasin dan Bapak Akhmad Fujiyantoni, S. Kom Owner dari Al-Farm Hydroponic.

Kegiatan hari ini dihadiri oleh HMJ Tadris Biologi, mahasiswa Tadris Biologi, serta dosen-dosen Tadris Biologi. Acara dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ibu Dr. Hj. Tarwillah, M.Ag.

Sambutan yang disampaikan oleh Ibu Khairunnisa, M.Pd selaku ketua prodi tadris biologi mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini salah satunya adalah untuk mengakomodir capaian profil lulusan pendukung menjadi entrepreneur, selain menjadi pendidik profesional dan pengembang bahan ajar.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara yang langsung disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, ibu Dr. Hj. Tarwilah, M.Ag sangat menyambut baik dalam pelatihan ini guna membekali mahasiswa di bidang entrepreneur.

Pelaksanaan pelatihan hidroponik hari ini sangat menarik karena tidak cuma terfokus pada bibit selada, namun mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara membibit hidroponik kangkung, pokchoy, hingga buah stoberi. Pemateri juga menekankan bahwa tidak perlu tempat luas untuk berkebun hidroponik.

Acara ini juga disiarkan langsung oleh instagram hmj_tadrisbiologi dan foto kegiatan juga akan dishare pada instagram biologi_antasari