Karantina Tim Penulis Revisi Pedoman Karya Ilmiah dan Persiapan Workshop Kurikulum FTK

Karantina Tim Penulis Revisi Pedoman Karya Ilmiah dan Persiapan Workshop Kurikulum FTK

Sejak dilantiknya pimpinan baru di lingkungan FTK pada awal Desember 2021, di antara pekerjaan rumah yang harus diselesaikan adalah terbitnya revisi pedoman karya ilmiah mahasiswa dan pengembangan Kurikulum FTK tahun 2022. Karena itu, Wadek I FTK, Dr. Ahmad Muradi, M. Ag. memperkarsai kegiatan revisi pedoman karya ilmiah dan persiapan workshop kurikulum ini.

Menurut Wadek I. ‘setelah terbentuknya tim penulis revisi pedoman yang terdiri dari delapan orang, dua dari unsur pimpinan fakultas dan enam dari unsur pengelola prodi dan dosen FTK.  Tim penulis sudah mulai bekerja sejak Januari 2022 meski baru terbit SK penunjukkan sebagai Tim terbit pada 31 Januari 2022. Nama-nama tim penulis revisi pedoman dari unsur prodi dan dosen FTK adalah Drs. H. Muhammad Yuseran, M. Pd., M. Irfan Islamiy, M. Pd., Noor Hasanah, MA., Hidayah Nor, M. Pd., Muhammad Ridha, M. Pd., dan Yusran Fauzi, M. Pd.

Berdasarkan evaluasi kinerja selama satu bulan terakhir, tim penulis bersepakat diperlukan adanya karantina untuk mempercepat proses revisi. Akhirnya kegiatan karantina ini dilaksanakan pada 30-31 Maret dan 1 April 2022 yang bertempat di Hotel Delima Jl. A. Yani Km. 7 Kertak hanyar Kabupaten Banjar, demikian kata Noor Hasanah, MA.

Menurut informasi dari Wadek I, materi revisi pedoman ini terdiri dari rancangan materi workshop kurikulum FTK, kode etik penulisan, proposal skripsi, penulisan skripsi, pembimbingan skripsi, penulisan makalah, penulisan jurnal, Bahasa dan Teknik penulisan karya ilmiah, dan finalisasi semua draft dan editing. Di mana kegiatannya adalah setelah masing-masing anggota tim membuat draft lalu kemudian dipersentasikan dan diskusikan dalam kegiatan karantina tersebut. Selain itu, tim juga membuka ruang selebar-lebarnya kepada semua sivitas akademika FTK untuk memberikan saran dan masukan melalui tautan formulir yang telah dibagikan.

Akhirnya pada hari ketiga, 95% draft telah dirampungkan kecuali 5% draft yang masih memerlukan revisi. ‘ala kulli hal kegiatan karantina berjalan dengan baik berkat dukungan pimpinan Fakultas, para dosen FTK, serta semua anggota tim yang luar biasa dalam memberikan saran dan masukan untuk mendapatkan hasil revisi yang terbaik.

Langkah selanjutnya menurut Drs. H. Muhammad Yuseran, M. Pd. Yang juga Ketua Prodi MPI memaparkan, ‘semua draft akan dirampungkan dan digabungkan dalam satu file lalu kemudian akan ditindak lanjuti dengan kegiatan berikutnya yaitu editing, review tim ahli Bahasa dan metode penelitian serta uji publik sebelum disahkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.’

Dalam kesempatan ini Dr. Ahmad Muradi, M. Ag selaku Wadek I FTK sekaligus Ketua Tim menyampaikan terima kasih yang setinggi-tinggi nya kepada semua pihak yang turut serta mensukseskan kegiatan revisi pedoman dari awal kegiatan hingga karantina dan kegiatan selanjutnya. Semoga nantinya revisi pedoman dapat selesai dan dapat digunakan oleh sivitas akademika FTK UIN Antasari Banjarmasin. Amin (AM96)