Orientasi Jabatan Mempertegas Alur koordinasi dan Tupoksi

Orientasi Jabatan Mempertegas Alur koordinasi dan Tupoksi

Dalam rangka memperjelas alur koodinasi, tugas dan fungsi jabatan, UIN Antasari mengadakan orientasi jabatan.

Di antara kegiatan tersebut, para pimpinan di tingkat Fakultas juga diundang. Pada Kamis, 13 Januari 2022 pukul 13.30 sd. 16.30 wita bertempat pada aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Lantai 1. Turut hadir pada kegiatan ini dekan, para wakil dekan, kepala bagian Tata Usaha dan para ketua program studi (prodi) hadir.

Ada tiga tujuan dilaksanakannya orientasi ini, yaitu: pertama, mempertegas alur koordinasi tata kelola UIN Antasari. Kedua, mempertegas dan merinci tugas pokok dan fungsi (job description) masing-masing jabatan. Dan ketiga, menselaraskan target dan sasaran sesuai dengan renstra UIN Antasari 2020-2024.

Berdasarkan tiga tujuan tersebut, Dekan FTK UIN Antasari Banjarmasin Bapak Dr. H. Hamdan, M. Pd.  menegaskan bahwa adanya orientasi ini agar kita sebagai dosen dengan tugas tambahan tidak terjebak dengan kegiatan rutin dan tidak sebuk dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat eksidental. Maka diperlukan manajeman yang baik yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan control.

Dalam kegiatan ini para pimpinan lainnya termasuk para wakil dekan dan ketua prodi menyampaikan program-program dan usulan-usulan kegiatan di FTK. Di antara program dan usulan yang dominan adalah membenahi tatib, teknis dan pelaksanaan terkait akademik, membenahi garis instruksi dan komunikasi antar pimpinan, penambahan dosen, anggaran berbasis borang, pengadaan sarana prasarana untuk menunjang akreditasi, peningkatan kerjasama antar lembaga, pendataan mahasiswa berprestasi di prodi, percepatan kenaikan pangkat dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar dan usulan-usulan lainnya baik terkait akademik, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Menanggapi semua program dan usulan di atas, Dekan mengatakan beliau sangat gembira dan berbangga terhadap semuanya karena semuanya ikut serta memikirkan dan akan melakukan yang terbaik untuk kemajuan FTK ke depan. Pada akhir tanggapan bapak Dekan mengatakan bahwa semua program dan usulan akan dipetakan dan disampaikan kepada pimpinan universitas dalam kegiatan orientasi hari berikutnya (Jumat, 14/01/2022).

Semoga semua rencana dapat terlaksana dan memperoleh hasil yang maksimal untuk kemajun FTK ke depan. Amin (AM96)