Rintisan Kerjasama Kurikulum MBKM

Kurang lebih satu minggu setelah pelantikan pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari Banjarmasin menerima kunjungan dari pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangkaraya.

Tepatnya Jumat, 10 Desember 2021 bertempat di ruang rapat, Dekan, wakil-wakil dekan dan sejumlah ketua prodi serta sekretaris Prodi  FTK UIN Antasari menyambut kedatangan rombongan tamu dari FTIK IAIN Palangkaraya. Rombongan tamu terdiri dari wakil dekan I ibu Dr. Nurul Wahdah, M. Pd., wakil dekan III ibu Asmawati, M. Pd. dan enam ketua jurusan/prodi. Tujuan silaturrahim ini dalam rangka merintis kerjasama pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam kegiatan Silaturrahim ini diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan penayangan profil UIN dan FTK serta pembangunan kampus 2 UIN Antasari. Selanjutnya sambutan Dekan FTK. Bapak Dr. H. Hamdan, M, Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa UIN Antasari sedang melakukan revisi kurikulum terkait dengan kurikulum MBKM dan kurikulum terintegrasi. Dalam pengembangan kurikulum memperhatikan komponen keilmuan berupa ilmu-ilmu dasar, komponen dasar-dasar keahlian dan pengembangan keahlian/profesi. Dengan adanya kerjasama antara FTK dan FTIK ini diharapkan dapat terealisasinya kurikulum MBKM dan terintegrasi sehingga dapat menghasilkan manfaat yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Sambutan dari FTIK IAIN Palangkaraya disampaikan oleh Ibu Dr. Nurul Wahdah, M. Pd. dalam sambutannya wadek I ini mengatakan bahwa IAIN Palangraya berkeinginan untuk bekerjasama dalam rangka menyahuti kurikulum MBKM dengan langkah-langkah kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Misalnya pelaksaan perkuliahan dosen tamu, penelitian bersama dan pertukaran mahasiswa dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.

Dalam kesempatan ini juga hadir Karo AUPKK UIN Antasari bapak Drs. H. Amal Fathullah, M. PdI. dalam sambutan beliau mengatakan bahwa dari segi pembangunan kampus 2 yang berlokasi di Guntung Manggis Banjarbaru telah mencapai 90% yang insya Allah pertengahan tahun 2022 sebagian gedung sudah bisa digunakan. Sehingga sivitas akademika lebih bergairah lagi dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan dengan sesi dialog dan Tanya jawab. Dari dialog dan Tanya jawab ini menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu pembaharuan MoU dan melakukan komunikasi intensif antar prodi terkait kurikulum prodi yang pada akhirnya akan terjalin kerjasama seperti pertukaran mahasiswa dalam KKN tematik, penelitian bersama, dosen tamu dan pembimbingan tugas akhir.

Kemudian pada bagian akhir kegiatan silaturrahim setelah penutup dilakukan sesi photo bersama. Semoga kerjasama ini dapat terealisasi dan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Amin (AM96)

Share this: